Selasa, 29 Juni 2010
Basic Move Parkour

* Precision: Bergerak dari point A ke Point B. Melompat dan mendarat dari titik a ke b dengan stabil.
* Rolling: Berputar atau menggelinding. Ini gerakan untuk mengantisipasi kaki patah ketika lompat dari satu tempat tinggi ke bawah sehingga pendaratan lebih aman.
* Vault: Ini gerakan melewati rintangan misalnya meja, pegangan tangga, iron bar atau hal-hal yang menghambat jalan anda dengan melewati diatasnya (over it).
* Kombinasi gerakan sport seperti berlari, berjalan, merangkak, memegang, menahan, melempar dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan ini dikombinasikan lagi dengan gerakan lain sehingga anda bisa melewati rintangan.


Masih banyak lagi gerakan2 dalam parkour, untuk penjelasan lebih detail anda bisa membaca artikel saya “Basic Move in Parkour”.

Wezewezewez… anda sudah mengenal apa itu parkour… untuk yang masih belum ngeh bisa melihat video dibawah ini:

Kalau mau download videonya juga boleh:

-DOWNLOAD DISINI-

Sebelum saya mengakhiri artikel saya, saya ingin meluruskan sedikit hal agar pengertian parkour tidak menjadi rancu atau misunderstanding karena masih banyak orang yang salah tangkap:

Parkour dan Free Running: Dengan meluasnya perkembangan parkour yang kian digemari diseluruh dunia, maka ada beberapa informasi yang sampai dalam bentuk hal yang salah. Parkour dan Free Running adalah dua hal yang berbeda, mereka tidak sama walaupun pada gerakan aktivitas hampir-hampir mirip. Para praktisi parkour menyebut dirinya Traceurs dan para praktisi free runners menyembut dirinya Free Runners. Lalu, goal dan tujuan masing-masing dari kedua praktisi tidaklah sama dan memiliki beberapa perbedaan. Jadi, kalau berbicara parkour ya parkour kalau freerunning ya free running.
Parkour Show: Tidak ada yang namanya parkour show, dan memang olah raga ini sudah saya sebutkan dari paragraph sebelumnya tidak memiliki kompetisi. Hal-hal inilah yang juga membedakan parkour dan freerunning. Kalaupun anda melihat ada yang namanya parkour show, itu jelas menyimpang dari prinsip dan disiplinnya parkour.

FLIP/Salto dan gerakan Acrobatic: Banyak orang bingung ketika melihat orang yang mengaku dirinya traceurs tetapi dalam melakukan kegiatan ini dia salto atau spin atau melakukan kegiatan acrobatic yang memang tidak sesuai atau relevant. Dalam parkour tidak ada seperti itu, anda tidak perlu harus salto atau menggunakan gerakan acrobat sehingga terlihat lebih keren. Saya tanyakan satu hal, bila anda sedang dikejar, Apakah anda akan melakukan salto atau gerakan yang tidak relevan untuk melarikan diri???

Parkour untuk semua: Ya, bisa dilakukan dimana-manapun, bisa dilakukan siapa-siapapun. Prinsipnya jelas untuk mengembangkan diri anda sendiri jadi pahamilah bahwa ini bukan sesuatu olahraga khusus untuk pria dewasa atau hanya anak muda. Ini bebas dilakukan sendiri ataupun bersama-sama segala umur segala gender.

Okay, saya rasa sudah cukup perkenalan tentang Parkour. Bagi siapa saja yang ingin bergabung latihan atau menggelutinya, cobalah cari traceurs dikota anda karena memang setiap kota pasti ada traceursnya. Kalau tidak ada cobalah sendiri dulu memulainya lalu kalau mau buat team silahkan saja pasti lebih enak latian bersama.

Just remember!
Parkour bukan olahraga akrobatik, trick, stunts (aksi beresiko tinggi), kesembronoan, atau melompat dari objek tinggi tanpa alasan. Bukan pergerakan atau aktivitas apapun [yang] tidak cocok di uraian di atas. Parkour adalah sesuatu yg sudah anda kenal dan memiliki tujuan, jika tujuan tersebut tidak dilakukan dengan gerakan yang relevant (sesuai) , itu bukan Parkour.

Jaya terus kalian yang terus berlatih Parkour…

Salam Lima Jari.

0 komentar:

Translate

Entri Populer

Total Pengunjung

Pengikut