Selasa, 10 April 2012
http://docs.unity-linux.org/images/thumb/3/3f/01_bootsplash.png/600px-01_bootsplash.pngBoot screen adalah tampilan animasi ketika kita memulai sistem operasi Ubuntu, walaupun kemungkinan animasi ini tidak akan selalu tampil di Ubuntu 10.04. Hal ini bisa jadi karena kurangnya dukungan perangkat keras atau bisa jadi karena waktu booting Ubuntu 10.04 Lucid Lynx yang begitu cepat (hanya 10 detik). Boot screen di Ubuntu 10.04 tidak lagi menggunakan Xsplash yang dikombinasikan dengan usplash seperti Ubuntu 9.10, kini boot screen yang digunakan adalah Plymouth. Plymouth memungkinkan animasi yang lebih menarik ditampilkan ketika Ubuntu mulai dihidupkan. Plymouth ini juga bisa bekerja di OS BackTrack, untuk mengganti bootsplashnya backtrack.


Secara default Ubuntu dan Backtrack hanya datang dengan tema standar yang lama-lama mungkin akan membuat pengguna bosan. Walaupun begitu ada beberapa tema lain yang sudah tersedia di repo dan dapat dengan mudah dipasang dengan perintah (dijalankan dari terminal)

1sudo apt-get install plymouth-theme-solar

Perintah di atas akan memasang tema plymouth solar, untuk menggunakan tema ini jalankan perintah

1sudo update-alternatives --config default.plymouth

Pilih tema yang tersedia di sana dengan memasukkan tema yang sesuai dengan selera, tekan tombol Enter.
solar plymouth

Pilih tema Plymouth
Restart Ubuntu dan perhatikan apa yang terjadi. Oh ya, selain Solar masih ada beberapa tema lain untuk Plymouth ini. Kalau mau pasang semuanya, cukup dengan perintah

1sudo apt-get install  plymouth-theme-*

Sumber di sini.

0 komentar:

Translate

Entri Populer

Total Pengunjung

Pengikut