Jumat, 11 Februari 2011

Bernafas, sebuah aktifitas rutin bagi setiap mahkluk yang hidup. Tidak ada satu mahkluk pun yang bisa hidup tanpa nafas. Jadi bernafas mengindikasikan kehidupan.
Dalam khasanah biologi modern, bernafas bagi manusia berarti menghirup sejumlah Oksigen dan menyimpannya dalam kantung-kantung udara yang terdapat dalam paru-paru, dan selanjutnya dalam tingkat molekuler, terjadi penyerapan Oksigen dan berdifusi dalam sel darah untuk selanjutnya dialirkan tubuh dan dipakai untuk berbagai proses faal dalam tubuh yang vital.
Begitu juga dalam beladiri, apapun jenisnya. Setiap beladiri biasanya terdiri dari dua aspek utama, yang saling berkesinambungan. Aspek Eksternal, yang biasanya berupa rangkaian gerakan (jurus), teknik-teknik perang/bertarung atau mungkin teknik penunjang lainnya yang bisa dilihat bentuknya dan dipelajari teknisnya, entah apakah itu tendangan, pukulan, kuncian, bantingan dan lain sebagainya. Dan aspek Internal, yang berupa teknik pernafasan atau pengolahan energi.
Dalam literatur klasik Tai Chi, pernafasan dilakukan seiring dengan latihan gerakan. Namun dalam prakteknya, seringkali beberapa murid/pembelajar harus belajar lebih rileks dan lebih sabar untuk mengkompromikan antara gerakan dan nafasnya. Saat terpaku di nafas, gerakannya lupa, demikian pula sebaliknya. Ini tergantung dari banyak aspek, meliputi aspek persepsi dan pemahamannya tentang Tai Chi, intelegensi, emosional, teknik belajarnya, pengalamannya dalam dunia beladiri dan lain-lain sebagainya. Spesifik untuk tiap orang.
Dalam Tai Chi, pengolahan nafas dan kontrol energi ini dapat Anda lakukan secara simpel dengan urutan berikut (lihat gambar postur):
a. Tarik nafas perlahan dan lembut melalui hidung dan kembangkan perut, bayangkan energi terkumpul di dantien yang berada 3 inchi dibawah pusar.
b. Perlahan keluarkan nafas perlahan melalui mulut dan kempiskan perut ke keadaan semula, bayangkan aliran energi/chi dalam tubuh mengalir ke seluruh tubuh dan keluar melalui mulut.
c. Ulangi proses 1 dan 2 terus-menerus hingga anda bisa merasakan ada tumpukan hawa hangat mengalir ke seluruh tubuh terutama di daerah dantien tersebut.
Slide1-1

Jika pernafasan ini sudah familiar, maka mulailah menggabungkannya dalam gerakan Tai Chi yang sudah anda dapatkan. Rasakanlah kapan anda mulai menarik nafas dan kapan anda menghembuskannya.
Saran saya, gerakan dan pernafasan dalam Tai Chi sebaiknya dilatih terus dan sabar. Jika anda berlatih gerakan saja, bisa jadi anda hanya mendapat manfaat Tai Chi seperti tarian/koreografi, yakni fleksibilitaas tubuh, keindahan gerak dan relaksasi-seninya, tapi kehilangan manfaat kesehatan, vitalitas, dan terhambatnya aliran energi yang dapat menjadi sumber penyebab penyakit fisik dan non-fisik. Dengan berlatih nafas yang benar, akan meningkatkan aliran energi harmonis sehingga kondisi pikiran meningkat, yang bermanfaat untuk efisiensi pertarungan dan memungkinkan semua sistem tubuh kita berfungsi dengan layak.
Lalu apa tanda yang menunjukkan anda telah memperoleh aliran energi harmonis dan kondisi pikiran yang meningkat?
Jika tingkat pengendalian energi meningkat, anda biasanya akan dapat merasakan aliran energi menyalurkannya ke bagian tubuh dimanapun. ‘Scanning’ dalam bahasa praktisi tenaga dalam, maupun praktisi energi lainnya. Kondisi pikiran akan lebih tenang, damai dan secara mental anda lebih cerdas dan bugar. Jangan kaget jika nanti ada seorang teman anda yang berkata, ‘Wah, kamu kelihatan begitu tenang dan percaya diri’. Aura yang tidak perlu anda bikin-bikin, karena akan muncul dengan seiring perkembangan kemajuan latihan anda.
Ketika anda menerapkan Tai Chi dalam kesatuan gerakan dan pernafasan, apa yang akan anda rasakan bisa dikatakan dalam sebuah frase ‘Menyelam di lautan Energi’. Penjelasannya sangat sulit, tapi itulah nanti yang anda dapatkan seiring bertambahnya pengetahuan dan kepekaan anda. Bagaimana?..Selamat Berlatih !!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren sob

www.kiostiket.com

Translate

Entri Populer

Total Pengunjung

Pengikut