Sabtu, 19 Maret 2011
Kamu pernah mendengar Red Rock di Ayers, Australia, atau Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat??? N pernahkah kamu berpikir, gimana gunung batu tersebut dapat berdiri tegak berdiri selama ribuan tahun???
Padahal daratan selalu terkikis oleh angin, hujan, dan gelombang. Air yang mengalir dapat mengikis permukaan batuan, seperti Grand Canyon yang dialiri sungai Colorado. Selain itu juga ada jembatan batu di tepi pantai di kawasan Morbihan, Quiberon/Bretagne, Prancis. Jembatan ini terbentuk karena ada kikisan dari angin, hujan, dan gelombang, tetapi batuan itu tetap dapat berdiri tegak.

Kamu pernah mempelajari keseimbangan benda tegar khan?? Untuk mencapai kesetimbangan, benda tegar mempunyai dua syarat, yaitu ada keseimbangan translasi dan kesetimbangan rotasi. Pada batuan-batuan tersebut, gaya-gaya yang diberikan oleh angin, hujan, dan gelombang sama dengan nol sehingga tetap berdiri kokoh dan tegar.

Batuan-batuan yang lain adalah Window Rock di Arizona dan Stonehenge di Salisbury, Inggris. So, kamu dapat bayangkan bagaimana tumpukan batuan si Stonehenge tetap berdiri??? Kini kamu2 sudah tahu khan  jawabannya . . .

0 komentar:

Translate

Entri Populer

Total Pengunjung

Pengikut