Sabtu, 28 Mei 2011



Tahukah kamu bahwa unsur besi itu tidak dihasilkan dari dalam bumi. Besi yang memiliki lambang unsur “Fe” ini dibawa dari bintang-bintang yang meledak dari luar angkasa dan di jatuh ke bumi bersama meteor-meteor. Penemuan astronomi moderen telah menyingkap bahwa besi yang ada di bumi ini berasal dari bintang-bintang luar angkasa. 
Mereka mengungkapkan bahwa unsur-unsur berat dalam alam semesta ini dihasilkan dari nuklid bintang besar dan besi hanya bisa dihasilkan oleh bintang yang lebih besar dari matahari. Apabila jumlah besi melebihi jumlah tertentu dalam sebuah bintang, maka bintang tersebut tidak akan lagi mampu menampungnya. Dan akhirnya menciptakan sebuah ledakan yang di sebut “Nova” atau “Supernova”. Sebagai suatu hasil dari ledakan ini meteor yang mengangkut besi berserakan di seluruh alam semesta, dan ,mereka bergerak melalui ruang angkasa sehingga tidak sedikit yang tertarik oleh gravitasi suatu benda dicakrawala. Dan secara fisika besi diturunkan dari luar angkasa merujuk pada firman-Allah QS.Al-Hadid : 25 yang artinya :

“Sesungguhnya kami Telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan Telah kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. dan kami turunkan (ciptakan) besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa”



Sudah sejak berabadabad lamanya besi merupakan salah satu logam terpenting bagi kehidupan manusia. Dalam ayat tersebut besi diturunkan dengan memiliki kekuatan yanghebat dan juga memiliki beberapa manfaat lagi bagi manusia, sperti yang kita ketahui, besi banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai bahan bangunan, sebagai bahan peralatan pertanian, sebagai peralatan perang dan lain-lain.

Adapun manfaat besi sebagai baju perang juga di jelaskan dalam Al-qur’an QS. Saba’ : 11 yang artinya :

“Buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang saleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan”
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa salah satu kegunaan besi yaitu dapat dibuat sebagai baju besi. Ini karena besi memiliki struktur yang sangat kuat disebabkan karena orbital besi memiliki banyak elektron tidak berpasangan dan bebas bergerak pada kisi kristalnya sehingga dapat membentuk ikatan logam yang sangat kuat dibandingkan unsur utama dari golongan A.

Itu hanyalah segelintir kisah mengenai besi, masih banyak kisah-kisah lain tentang besi yang belum terungkap dalam tulisan ini, belum lagi unsur-unsur lainnya yang terdapat di SPU. Hanya Allah yang lebih mengetahui rahasia yang terdapat di alam, dan diantara semua itu terdapat tanda-tanda kekuasaan-Nya.

Diambil dari buletin Butana edisi I, maret 2008

0 komentar:

Translate

Blog Archive

Entri Populer

Total Pengunjung

Pengikut